Home > Fisika Dasar > RBL (Research Basic Learning) – Pelontar Mobil

RBL (Research Basic Learning) – Pelontar Mobil

Apa itu RBL? RBL atau Research Basic Learning merupakan kegiatan praktik semacam penelitian untuk menghasilkan suatu hasil yang konkret berupa suatu perkakas atau alat. RBL sendiri didasarkan pada teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya. Teori-teori itulah yang kemudian dijadikan landasan untuk melakukan penelitian.

Pada kesempatan ini, tim kami mendapatkan tugas RBL mata kuliah fisika dasar. RBL-nya yaitu membuat suatu pelontar mobil dengan menggunakan tiga pilihan landasan teori yang bisa dipakai. Bisa menggunakan prinsip termodinamika, mekanika-osilasi harmonik (contoh: bandul, pegas), dan fluida. Pelontar mobil ini kemudian digunakan sebagai pendorong mobil agar melaju melintasi loop (putaran) dengan sempurna dan berhenti pada zona penilaian. Di zona itulah nilai RBL ditentukan. Bilamana mobil keluar dari zona penilaian atau tidak melewati zona penilaian, maka nilai RBL-nya pun nol. Kami diberi kesempatan test sampai tiga kali.

Kelompok kami mendesain pelontar mobil dari barang-barang bekas yang masih bisa ditemukan di rumah-rumah. Kami menggunakan tabung suplemen makanan sebagai bagian utama pelontar. Kemudian suatu pegas dimasukkan ke dalam tabung. Sebelumnya, dasar tabung dibolongi untuk tempat masuknya batang kayu. Ujung pegas diikat oleh karet agar tidak lepas dari penghalang kayu yang ditempelkan di ujung pegas. Batang kayu tadi dimasukkan ke penghalang kayu dan ujungnya diberi mur/baut agar tidak lepas dari pegas. Ujung batang kayu yang dibelakang tabung diberi mur juga agar tidak melesat ketika pegas dilepas.

Cara kerja dari alat ini amat sederhana. Anda cukup menarik batang kayu yang ada di belakang tabung sampai batas minimal yang telah dihitung sebelumnya. Batas minimal adalah batas kompresi pegas minimal supaya mobil bisa dengan sempurna mengelilingi loop dan berhenti tepat di zona penilaian. Setelah itu, anda lepas batang kayu tersebut. Namun perlu diingat, mobil-mobilan yang digunakan harus tepat berimpit dengan kayu penghalang/kayu pelontar. Jika tidak, jarak yang ada akan mengakibatkan suatu tumbukan yang dapat mengganggu RBL.

Tim RBL

Untuk men-download laporan RBL-nya, bisa anda klik link di bawah ini :

Download Laporan RBL

*) File ini bisa digunakan sebagai contoh atau referensi bagi penelitian lainnya.
  1. 28 May 2011 at 6:05 pm

    hebat gan, ditempat saya belum ada tugas fisika dasar yg seperti ini.:D

  2. 19 November 2013 at 6:30 am

    It’s remarkable to visit this web site and reading the views of all mates
    about this paragraph, while I am also zealous of getting knowledge.

  3. Adinda
    25 October 2015 at 2:07 pm

    Beli pegasnya dimana yah?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: